Seringkali saya mendapat pertanyaan tenteng hubungan yang signifikan antara filsafat pendidika terhadap ilmu pengetahuan dan pengembangan kurikulum. Sejujurnya pertanyaan ini tidaklah mudah untuk dicarikan jawabanya karena bagi saya semuanya salinglah berkaitan.
Namun demikian saya akan mencoba menjawab secara pragmatis sesuai dengan yang saya pahami dengan menguraikan esensi dari filsafat, ilmu dan kurikulum dan pengembangan kurikulum
Filsafat
• Selalu melihat pendidikan dari sudut bagaimana seharusnya (Das Solen) sehingga lebih mengarahkan pada factor subjektifitas
• Berusaha untuk mengintegrasikan atau menerangkan bagian-bagian tertentu dari suatu kajian ke dalam kesatuan yang menyeluruh dan bermakna.
Ilmu dan Kurikulum
• Memiliki pendekatan analitik dimana kajian tertentu diuraikan menjadi bagian-bagian yang lebih terperinci.
• Melihat suatu fakta sesuai apa adanya (Das Sain) sehingga lebih objektif
PengembanganKurikulum
Filosofi : berbicara mengenai hal –hal yang konseptual dan ideal
Psikologis : membahas mengenai rencana belajar untuk dijadikan pengalaman
Sosial Budaya : membahas tentang permasalahan yang berhubungan dengan masyarakat.
Ilmu dan Teknologi : arahanya bahwa pendidikan tidak hanya untuk sekarang tetapi untuk masa depan
Sehingga saya melihatnya ketiganya memiliki hubungan yang saling melengkapi (komplementer) dimana :
Filsafat memberikan landasan yang mendasar bagi perkembangan ilmu
Ilmu memberikan bahan untuk berbagai pemikiran para filsuf.
Pengembangan Kurikulum merupakan salah satu aplikasi dari ilmu yang telah dikaji
Sehingga harapan terbesar semuanya dapat membantu manusia dalam memecahkan masalah yang dihadapinya dalam menjalani kehidupan bermasyarakat.
Maaf nih ala kadarnya …semoga bermanfaat.
Salam Sukses
Seringkali saya mendapat pertanyaan tenteng hubungan yang signifikan antara filsafat pendidika terhadap ilmu pengetahuan dan pengembangan kurikulum. Sejujurnya pertanyaan ini tidaklah mudah untuk dicarikan jawabanya karena bagi saya semuanya salinglah berkaitan.
Namun demikian saya akan mencoba menjawab secara pragmatis sesuai dengan yang saya pahami dengan menguraikan esensi dari filsafat, ilmu dan kurikulum dan pengembangan kurikulum
Filsafat
• Selalu melihat pendidikan dari sudut bagaimana seharusnya (Das Solen) sehingga lebih mengarahkan pada factor subjektifitas
• Berusaha untuk mengintegrasikan atau menerangkan bagian-bagian tertentu dari suatu kajian ke dalam kesatuan yang menyeluruh dan bermakna.
Ilmu dan Kurikulum
• Memiliki pendekatan analitik dimana kajian tertentu diuraikan menjadi bagian-bagian yang lebih terperinci.
• Melihat suatu fakta sesuai apa adanya (Das Sain) sehingga lebih objektif
PengembanganKurikulum
Filosofi : berbicara mengenai hal –hal yang konseptual dan ideal
Psikologis : membahas mengenai rencana belajar untuk dijadikan pengalaman
Sosial Budaya : membahas tentang permasalahan yang berhubungan dengan masyarakat.
Ilmu dan Teknologi : arahanya bahwa pendidikan tidak hanya untuk sekarang tetapi untuk masa depan
Sehingga saya melihatnya ketiganya memiliki hubungan yang saling melengkapi (komplementer) dimana :
Filsafat memberikan landasan yang mendasar bagi perkembangan ilmu
Ilmu memberikan bahan untuk berbagai pemikiran para filsuf.
Pengembangan Kurikulum merupakan salah satu aplikasi dari ilmu yang telah dikaji
Sehingga harapan terbesar semuanya dapat membantu manusia dalam memecahkan masalah yang dihadapinya dalam menjalani kehidupan bermasyarakat.
Maaf nih ala kadarnya …semoga bermanfaat.
Salam Sukses
Tidak ada komentar:
Posting Komentar