Dalam beberapa kasus terkadang kita sering menyamakan antara tanggung jawab seorang manajer dengan tingkatan-tingkatan manajer atau manajer dilihat dari tingkatanya padahal keduanya merupakan hal yang berbeda.
Secara umum kita sepakat bahwa tanggung jawab seorang manajer tidak akan lepas dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengendalian, serta penyusunan staf. Namun dilihat dari levelnya secara umum manajer dapat dibedakan menjadi tiga:
1. Top Manager
Tanggung jawabnya menyangkut keseluruhan kinerja perusahaan atau instansi yang dipimpinya. Selain itu top manager berperan dalam membuat kebijakan, keputusan dan strategi secara umum pada suatu perusahaan disamping fungsi lainya sebagai penghubung dengan instansi lain, seperti kerjasama dengan pemerintah atau perusahan lain.
2. Middle Manager
Posisi manajer ini berada diantara Top Manager dan First Line Manager. Adapun peran dari Middle Manager adalah mengimplementasikan terhadap berbagai kebijakan, keputusan dan strategi yang telah di tetapkan oleh Top Manager.
3. First Line Manager
Biasa dikenal dengan manajer tingkat bawah yang bertugas melakukan supervisi atau pengawasan terhadap karyawan dan memastikan keberlangsungan kebijakan, strategi dan keputusan yang telah di tetapkan oleh Top manager dan Middle Manager apakah terlaksana dengan baik atau sebaliknya.
Secara umum kita sepakat bahwa tanggung jawab seorang manajer tidak akan lepas dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengendalian, serta penyusunan staf. Namun dilihat dari levelnya secara umum manajer dapat dibedakan menjadi tiga:
1. Top Manager
Tanggung jawabnya menyangkut keseluruhan kinerja perusahaan atau instansi yang dipimpinya. Selain itu top manager berperan dalam membuat kebijakan, keputusan dan strategi secara umum pada suatu perusahaan disamping fungsi lainya sebagai penghubung dengan instansi lain, seperti kerjasama dengan pemerintah atau perusahan lain.
2. Middle Manager
Posisi manajer ini berada diantara Top Manager dan First Line Manager. Adapun peran dari Middle Manager adalah mengimplementasikan terhadap berbagai kebijakan, keputusan dan strategi yang telah di tetapkan oleh Top Manager.
3. First Line Manager
Biasa dikenal dengan manajer tingkat bawah yang bertugas melakukan supervisi atau pengawasan terhadap karyawan dan memastikan keberlangsungan kebijakan, strategi dan keputusan yang telah di tetapkan oleh Top manager dan Middle Manager apakah terlaksana dengan baik atau sebaliknya.
Dalam beberapa kasus terkadang kita sering menyamakan antara tanggung jawab seorang manajer dengan tingkatan-tingkatan manajer atau manajer dilihat dari tingkatanya padahal keduanya merupakan hal yang berbeda.
Secara umum kita sepakat bahwa tanggung jawab seorang manajer tidak akan lepas dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengendalian, serta penyusunan staf. Namun dilihat dari levelnya secara umum manajer dapat dibedakan menjadi tiga:
1. Top Manager
Tanggung jawabnya menyangkut keseluruhan kinerja perusahaan atau instansi yang dipimpinya. Selain itu top manager berperan dalam membuat kebijakan, keputusan dan strategi secara umum pada suatu perusahaan disamping fungsi lainya sebagai penghubung dengan instansi lain, seperti kerjasama dengan pemerintah atau perusahan lain.
2. Middle Manager
Posisi manajer ini berada diantara Top Manager dan First Line Manager. Adapun peran dari Middle Manager adalah mengimplementasikan terhadap berbagai kebijakan, keputusan dan strategi yang telah di tetapkan oleh Top Manager.
3. First Line Manager
Biasa dikenal dengan manajer tingkat bawah yang bertugas melakukan supervisi atau pengawasan terhadap karyawan dan memastikan keberlangsungan kebijakan, strategi dan keputusan yang telah di tetapkan oleh Top manager dan Middle Manager apakah terlaksana dengan baik atau sebaliknya.
Secara umum kita sepakat bahwa tanggung jawab seorang manajer tidak akan lepas dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengendalian, serta penyusunan staf. Namun dilihat dari levelnya secara umum manajer dapat dibedakan menjadi tiga:
1. Top Manager
Tanggung jawabnya menyangkut keseluruhan kinerja perusahaan atau instansi yang dipimpinya. Selain itu top manager berperan dalam membuat kebijakan, keputusan dan strategi secara umum pada suatu perusahaan disamping fungsi lainya sebagai penghubung dengan instansi lain, seperti kerjasama dengan pemerintah atau perusahan lain.
2. Middle Manager
Posisi manajer ini berada diantara Top Manager dan First Line Manager. Adapun peran dari Middle Manager adalah mengimplementasikan terhadap berbagai kebijakan, keputusan dan strategi yang telah di tetapkan oleh Top Manager.
3. First Line Manager
Biasa dikenal dengan manajer tingkat bawah yang bertugas melakukan supervisi atau pengawasan terhadap karyawan dan memastikan keberlangsungan kebijakan, strategi dan keputusan yang telah di tetapkan oleh Top manager dan Middle Manager apakah terlaksana dengan baik atau sebaliknya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar