a. Perubahan dalam individu
b. Perubahan pada kelompok
c. Perubahan pada masyarakat /organisiasi
Perubahan yang terjadi dalam individu dapat meuncul karena proses berpikir individu yang berkeinginan untuk senantiasa memberikan yang terbaik dalam pendidikan. Biasanya individu ingin menujukan identitas dirinya terhadap perubahan yang terjadi di masyarakat. Misalkan dengan semakin berkembangnya teknologi terutama dalam hal pendidikan seoorang individu terkadanga sudah mulai tidak mengindahkan pentingnya proses sosialisasi antar sesama individu. Individu akan merasa lebih berkembang dengan bekerja sendir tanpa bantuan orang lain karena adanya berbagai kemudahan yang dapat di akses akibat adanya inovasi baru dalam bidang teknologi yang semakin berkembang.
Perubahan pada kelompok perubahan ini biasanya terjadi secara hirarki dimana satu perubahan akan mempengaruhi perubahan lainya yang saling berhubungan. Misalkan perubahan dalam organisasi di sekolah, saat seorang kepala sekolah menetapkan perubahan struktur dalam kelompok sekolah, maka secara berangsur-angsur akan terjadi perubahan pada tingkatan bawah sesuai dengan aturan yang berlaku.
Perubahan pada masyarakat Perubahan ini biasanya terjadi karena adanya inovasi yang sangat luar biasa sekali (revolusi) Misalkan dalam hal perubahan kurikulum tingkat satuan pendidikan Menengah, ketika ada perintah untuk meubah kurikulum mau tidak mau kelompok / masyarakat akan menjalankan sesuai dengan apa yang telah diperintahkan.
Dari paparan sederhana di atas saya berpendapat bahwa munculnya perubahan terutama dalam pendidikan, kenapa terbagi menjadi tiga bagian, karena dalam kenyataanya ketiga unsur inilah yang menjadi “sasaran tembak” dalam melakukan perubahan. Perubahan individu, kelompok dan masyarakat dalam unsur pendidikan keitiganya merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan secara partial semuanya saling melengkapi dalam memenuhi kebutuhan hidup.
http://www.gurukayailmu.blogspot.com
Dalam dunia pendidikan perubahan dalam pendidikan dalam skala perubahan terbagi menjadi tiga bagian :
a. Perubahan dalam individu
b. Perubahan pada kelompok
c. Perubahan pada masyarakat /organisiasi
Perubahan yang terjadi dalam individu dapat meuncul karena proses berpikir individu yang berkeinginan untuk senantiasa memberikan yang terbaik dalam pendidikan. Biasanya individu ingin menujukan identitas dirinya terhadap perubahan yang terjadi di masyarakat. Misalkan dengan semakin berkembangnya teknologi terutama dalam hal pendidikan seoorang individu terkadanga sudah mulai tidak mengindahkan pentingnya proses sosialisasi antar sesama individu. Individu akan merasa lebih berkembang dengan bekerja sendir tanpa bantuan orang lain karena adanya berbagai kemudahan yang dapat di akses akibat adanya inovasi baru dalam bidang teknologi yang semakin berkembang.
Perubahan pada kelompok perubahan ini biasanya terjadi secara hirarki dimana satu perubahan akan mempengaruhi perubahan lainya yang saling berhubungan. Misalkan perubahan dalam organisasi di sekolah, saat seorang kepala sekolah menetapkan perubahan struktur dalam kelompok sekolah, maka secara berangsur-angsur akan terjadi perubahan pada tingkatan bawah sesuai dengan aturan yang berlaku.
Perubahan pada masyarakat Perubahan ini biasanya terjadi karena adanya inovasi yang sangat luar biasa sekali (revolusi) Misalkan dalam hal perubahan kurikulum tingkat satuan pendidikan Menengah, ketika ada perintah untuk meubah kurikulum mau tidak mau kelompok / masyarakat akan menjalankan sesuai dengan apa yang telah diperintahkan.
Dari paparan sederhana di atas saya berpendapat bahwa munculnya perubahan terutama dalam pendidikan, kenapa terbagi menjadi tiga bagian, karena dalam kenyataanya ketiga unsur inilah yang menjadi “sasaran tembak” dalam melakukan perubahan. Perubahan individu, kelompok dan masyarakat dalam unsur pendidikan keitiganya merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan secara partial semuanya saling melengkapi dalam memenuhi kebutuhan hidup.
http://www.gurukayailmu.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar